Riwayat Jalan Braga, Dulu dan Kini di Bandung

Siapa sih yang ga tau Jalan Braga ? Semua yang pernah ke Bandung pasti pernah lewatin jalan ini. Yap, Jalan Braga seolah udah identik banget dengan Kota Bandung dan jadi icon wisata taman budaya heritage di Bandung. Konon katanya nama Braga https://www.bandungadvertiser.com ini diambil dari bahasa Sunda “ngabaraga” atau “baraga” yang kira-kira artinya jalan menyusuri sungai.

 

Sebetulnya kawasan Braga ini sudah terkenal dari sejak jaman Pemerintahan Belanda, bahkan jadi pusat aktivitas para warga Belanda yang tinggal di Bandung. Sudah dari dulu juga di kawasan ini ramai dengan pertokoan dan tempat-tempat hiburan. Pada zamannya, Braga termasuk kawasan elit dan mewah loh.

 

Sampai saat ini pun Braga masih menyisakan setitik ke-elit-an dan kemewahannya jaman Belanda. Bangunan kuno gaya khas Belanda masih berdiri kokoh dibiarin apa adanya, hanya dirapikan dan dipoles tanpa merubah bentuk bangunan aslinya. Ada juga baeberapa bangunan baru yang akhirnya pun disesuaikan dengan gaya vintage Braga.

 

Bangunan yang paling tersohor dan masih berdiri kokoh sebagai icon Braga ini adalah Landmark Braga. Gedung ini dibangun sejak jaman penjajahan Belanda. Letaknya ada di sudut jalan persimpangan antara Jalan Braga dan Jalan Lembong.

 

Ceritanya sih, sebelumnya gedung ini adalah Toko Buku “Van Drop” yang buka di sekitar tahun 1920an sampai akhir 1960. Setelah itu sempat dirubah jadi bioskop dan gedung pertunjukan theater. Tapi sekarang gedung ini lebih sering dipakai sebagai gedung serbaguna untuk berbagai acara seminar, pameran, acara musik, sampai acara pernikahan.

Selain Landmark Braga www.undercover.co.id , bangunan  taman budaya  tempo dulu yang masih berdiri megah di Jalan Braga adalah Gedung Bank Indonesia. Sampai sekarang gedung putih ini masih beroperasi sebagai kantor utama Bank Indoenesia. Kalau ada special event gedung ini akan dihias cantik banget dan ga jarang gedung ini jadi kunjungan wisata turis luar negeri. Tapi ga boleh masuk ke area gedung ya, karena khawatir nanti akan mengganggu kegiatan operasional bank.

Braga sudah identik juga dengan tempat hiburan dan wisata kulinernya. Sepanjang jalan Braga ini akan ramai dengan para penjaja lukisan yang antik. Terus ada apa aja sih di sepanjang Jalan Braga ? Ini dia tempat-tempat yang bisa kamu temuin di Braga.

Riwayat Jalan Braga, Dulu dan Kini di Bandung

 

  1. Rumah Makan Sumber Hidangan / Het Snoephuis Braga

 

Toko yang sudah ada sejak tahun 1929 ini dulu namanya “Het Snoephuis” , Bahasa Belanda yang artinya “rumah permen” atau maksudnya adalah rumah makan yang menjual hidangan manis. Paling populer di Sumber Hidangan ini adalah aneka macam roti yang masih punya cita rasa sama sejak awal berdiri sampai sekarang. Enak banget deh beneran. Hmm.. apa ya resep rahasianya ?

 

Disini ada banyak pilihan roti isi dan aneka kue kering. Harganya murah banget loh, untuk aneka jenis roti harganya mulai dari Rp.3000,- sampai Rp.5.000,- aja, dan untuk kue kering dengan harga mulai dari Rp.11.000,- sampai Rp.40.000,- per ons. Selain roti dan kue kering ada juga ice cream dan cendol yang bikin hari kamu semakin segerrr.

Mau nikmatin roti dan ice cream sambil santai-santai cantik disini juga bisa dong. Disediakan area tempat duduk dengan interior furniture yang masih berkesan jaman dulu. Yap, bangunan ini memang sama sekali ga ada perubahan bentuk, masih serupa bangunan khas Belanda yang beratap tinggi dan tembok yang kokoh. Sesekali akan terdengar bunyi-bunyian alat pemanggang roti dan beberapa pegawai yang sibuk membuat roti yang akan disajikan fresh from the oven.

bca juga TEMPAT WISATA DI PANGALENGAN BANDUNG

  1. Braga Permai – Maison Bogerijen

 

Nah ini dia yang paling favorite di Braga. Resto yang merupakan banguan tua khas Belanda ini sudah ada sejak tahun 1921. Tempat ini dulunya adalah sebuah rumah tinggal yang dimiliki dan ditempati oleh keluarga Bogerijen. That’s why ya namanya Maison Bogerijen. Walaupun beberapa bagian resto sudah di renovasi tapi masih mempertahankan arsitektur aslinya. Braga Permai ini ada di Jl. Braga No.85.

 

Braga Permai menyediakan banyak pilihan menu Eropa dan Indonesia. Uniknya menu makanan pun ada dengan bahasa Belanja, seperti Soeculaas dan Onbijkoek. Selain itu menu lainnya tersedia steak dan berbagai jenis makanan khas Indonesia.

 

 

Disini juga ada favorite dessert yaitu Chocolate Volcano Cake dan Braga Special Ice Cream, special karena pakai resep asli jaman dulu yang sama sekali ga berubah. Di bagian dalam resto ada etalase khusus untuk aneka kue manis, cobain deh pasti ketagihan. Hehehe.

 

Serunya di Braga Permai ini adalah ada live music setiap malam minggu. Live musicnya bukan lagu-lagu masa kini ya, tapi kebanyakan lagu-lagu lawas dan classic. Wih nostalgia nih Mama Papa kita. J

Braga Permai jadi favorite selain karena makannya yang enak juga karena disini tempat nongkrongnya para bule yang lagi holiday di Bandung. Mereka biasanya akan milih duduk di area halaman depan sambil menikmati Jalan Braga dengan segala keramaiannya.

 

  1. Braga Citywalk

 

Kalau ini sih baru dibangun sejak beberapa tahun yang lalu dan jadi salah satu tempat hangout anak muda Bandung. Braga Citywalk ini dibangun dengan konsep arsitektur Belanda, menyesuaikan ya dengan sekitarnya. Fasiilitas di mall ini juga lengkap loh. Ada tempat makan The Kiosk, Wendy’s, Tokyo Connection, dan masih banyak lagi. Kamu yang suka olahraga di sini juga ada Gold Gym. Dan di bagian atas mall ada CinemaXXI juga ada Apartemen dan Hotel Aston.

You may also like...