Merasakan Dubai di Coastarina Batam

Coastarina adalah nama sebuah resor wisata di Pasir Putih, Batam Center, Pulau Batam, Kepulauan Riau. Tempat wiata ini termasuk baru karena diresmikan pada tahun 2009. Yang meresmikan tempat ini adalah Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Coastarina merupakan miniatur pulau-pulau dunia. Tempat wisata The World di Dubai memiliki kemiripan dengan Coastarina sehingga kadang-kadang orang mengira Coastarina terletak di luar negeri.

Perumahan mewah terintegrasi dengan fasilitas wisata Coastarina. Bahkan, sebagian besar perumahan-perumahan mewah ini dibangun di atas lahan reklamasi pantai. Terhitung ada 1.000 rumah yang berdiri di kawasan setotal 150 hektare. Sekitar 25 hektare lahan digunakan untuk taman terbuka dan fasilitas umum lainnya.

Pengunjung yang baru pertama kali menjejakkan kaki di Coastarina bisa dipastikan akan melihat tulisan COASTARINA besar berwarna putih. Uniknya, tulisan besar itu memecahkan rekor MURI sebagai tulisan terberat sedunia. Bobot tulisan itu adalah 600 ton mengalahkan tulisan Hollywood di Bukit Lee, Amerika Serikat.

Daya tarik Coastarina terletak pada Ocarina Water Park; sebuah theme park dan children water boom. Taman bermain air ini memang dikhususkan untuk anak-anak sehingga di tiap-tiap wahana air dibuat airnya dangkal.

Saat malam hari, wisatawan bisa melihat keindahan Kota Batam dan Singapura dari atas dengan menaiki Giant Wheel. Wahana kincir raksasa tersebut berada di ketinggian 25 meter di atas permukaan laut. Diameternya 30 meter, total gondola yang ada adalah 16 gondola. Satu gondola bisa diisi lima orang dewasa atau tujuh orang anak-anak. Dari atas, wisatawan bisa melihat dengan jelas pemandangan pulau-pulau reklamasi yang direncanakan akan menjadi peta dunia terbesar di dunia.

Para turis juga bisa berenang atau naik banana boat di pantai sekitar Costarina. Akan tetapi, lahan berenang yang tidak terlalu luas membuat pencinta olahraga air tersebut kurang bisa terpuaskan. Namun, untuk mereka yang hanya ingin berendam merasakan kehangatan air laut, kiranya sudah bisa terpuaskan dengan lahan berenang yang ada di Costarina.

Melihat pemandangan matahari terbenam juga merupakan aktivitas paling menarik di Costarina. Siapkan kamera terbaik untuk menangkap momen sunset terindah di Kepulauan Riau.

Wisata kuliner di Costarina juga tidak boleh dilewatkan. Di kafe-kafe dan restoran, menu-menu masakan Nusantara dan masakan mancanegara tersedia. Namun, menu yang tidak boleh terlupa adalah siput gonggong. Siput laut tersebut merupakan fauna laut endemik di Provinsi Kepulauan Riau. Itu artinya, olahan siput laut tidak akan ditemukan di tempat lain.

Rute ke Coastarina

Coastarina bisa dicapai dengan berjalan kaki dari pelabuhan setelah menyeberang dengan menggunakan feri dari Tanjung Pinang, Kepulauan Karimun, daratan Pulau Sumatra, Johor Bahru, dan Singapura.

Dari Jakarta, Surabaya, Medan, Jambi, Pekanbaru, Bandung, dan Palembang, wisatawan bisa langsung terbang ke Bandara Hang Nadim. Sampai di bandara, bisa menyewa mobil untuk ke Coastarina yang berjarak 15 menit perjalanan. Kami sarankan menggunakan DOcar sewa mobil online, kunjungi link berikut https://docar.co.id/sewa-mobil-batam.

 

You may also like...