Apa Itu Keyword Density dan Keyword Stuffing

 

Keyword density yaitukepadatan atau presentase banyaknya pengulangan kata kunci yang dipakai di dalam sebuah halaman blog / websitedibandingkan dengan jumlah keseluruhan kata yang dipakai pada halaman blog / website tersebut.

Untuk menghitung kepadatan kata kunci, Anda bisa menghitung secara manual, tapikalau dirasa menyusahkan / merepotkan, maka Anda bisamenggunakan tool keyword density checker yang ada di internet.

Peran keyword density dalam sebuah artikel / postingan sangat penting untuk optimasi SEO onpage. Logikanya yaitu semakin artikel Anda kaya kata kunci maka akan semakin relevan artikel Anda muncul di mesin pencarian menurut kata kunci yang diketikkan oleh pengunjung. Tapi pada prakteknya tidak seperti itu, meskipun tidak ada peraturan yang pasti dengan pemakaian kata kunci ini,namun pemakaian keyword density yang terlalu besar bisa dianggap spam dan dianggap sebagai praktek yang tak etis untuk memanipulasi hasil pencarian. Sementara itu, pemakaian keyword density yang terlalu sedikit akan mengakibatkan artikel kita tidak sanggupberkompetisi di mesin pencarian.

Banyaknya kata kunci yang boleh dipakai dalam sebuah artikel berbeda-beda, ada yang mengatakan bahwa sebuah artikel yang bagusharus mempunyai kepadatan kata kunci antara 1-5%. Peraturan ini bisa digunakan pada artikel yang ingin menang di mesin pencarian. Tapiperaturan keyword density sampai 5% ini rupanya taksesuai dengan pandangan Google. Google tidaksuka dengan sebuah website yang terlalu banyak menekankan kata kunci dan jika dilanggar maka website tersebut tidakakan bisa naik dalam posisi teratas Google. Karena Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan saat ini, maka untuk menyiasati hal ini, akhirnya para Ahli SEO menyimpulkan bahwa keyword density yang pas berkisar antara 3-5% untuk mesin pencari selain Google dan 2-4% untuk mesin pencari Google.

Artinya, artikel yang mempunyai keyword density dalam kisaran tersebut dianggap sebagai artikel SEO friendly atau artikel yang ramah di mesin pencarian sehingga memungkinkan artikel tersebut berada di halaman teratas mesin pencarian.

Karena pentingnya keyword density tersebut, banyak sekali orang / blogger telebih lagi pemula yang salah kira dengan pengertian keyword density tadi sampaiakhirnya mereka menempatkan banyak kata kunci dalam sebuah artikel tersebut supaya bisa timbul di halaman teratas Google dalam waktu yang cepat. Dari sinilah kita mengetahui istilah keyword stuffing.

Keyword stuffing yaitu menggunakan kata kunci yang terlalu banyak atau berlebihan dengan cara yang tak wajar dengan keinginanmenerima posisi paling atas di mesin pencarian. Walaupun kenyataannya teknik keyword stuffing ini justru berdampak buruk dan memberikan kesan negative di mata Google. Orang yang memakai teknik keyword stuffing ini bisa saja terkena sanksi / penalty dari Google, yaitu dimasukkannya blog tersebut ke dalam Google Sandbox dan bahkan mungkin saja website tersebut  di banned oleh Google.

Sebelum Anda menggunakan berapa banyak kata kunci dalam sebuah artikel, maka yang harus Anda lalukan yaitu memilih kata kunci yang cocok. Idealnya sebuah kata kunci yang cocok yaitu rendah dalam kompetisi dan tinggi dalam pencarian. Untuk mencari kata kunci yang ideal, Anda bisamenggunaka  keyword planner tool yang tersedia gratis di internet.

Demikian Artikel tentang Apa Itu Keyword Density dan Keyword Stuffingyang dapat kami sampaikan dalam kesempatan ini, jika anda ingin Situs web anda ada dieringkat 1 googel silahkan gunakan jasa seo profesional yang dikelola dengan profesional oleh team herosoftmedia.

You may also like...