Air Zam Zam Untuk Wudhu

air zam zam asli
Air zam zam tidak hanya digunakan untuk konsumsi saja, namun air yang diberkahi ini dapat digunakan untuk berwudhu, mencuci, dan mandi. Beberapa pendapat mengenai penggunaan air zam zam ini cukup banyak menimbulkan perbedaan diantara berbagau ulama. Menemukan air zam zam juga tidak sulit, tidak harus pergi ke Arab Saudi terlebih dahulu, anda bisa membelinya di toko jual air zam zam terdekat di daerah anda. Lalu bagaimana hukumnya menggunakan air zam zam untuk berwudu atau kegiatan lainnya? Berikut kami akan memberikan beberapa ulasan dan informasinya. (sumber : www.airzamzamasli.com )

Hukum Penggunaan Air Zam Zam Selain untuk Konsumsi
Penggunaan air zam zam untuk wudhu itu dibolehkan, sebagaimana Rasulullah SAW pernah mencontohkan berwudhu menggunakan air suci ini. Berikut di riwayatkan oleh Abdullah bin Ahmad dengan sanad yang Shahih:

ثم أفاض رسول الله صلى الله عليه وسلم فَدَعا بِسِجِلّ من ماء زمزم فشرب منه وتوضأ

Artinya: “Kemudian Nabi Rasulullah SAW melaksanakan thawaf Ifadhah, lalu Nabi meminta satu timba air zam zam, beliau minum darinya dan berwudhu”.

Penggunaan air zam zam untuk mandi atau untuk mencuci sebagian dari anggota badan juga dibolehkan. Bahkan menurut mazhab Syafii, disunahkan berwudhu dan mandi besar menggunakan air zam zam. Sebagai air yang dijuluki pembawa berkah, air zam zam tentu dapat digunakan juga untuk mencuci baju dengan niat mencari keberkahan karena sesungguhnya penggunaan air zam zam itu bergantung pada niat orang yang meminum atau memakainya.

Lalu bagaimana jika air zam zam digunakan untuk menghilangkan najis? Menurut Al Thabari, air zam zam hukumnya haram jika digunakan untuk menghilangkan najis meskipun bersuci dengannya itu adalah sah, hal itu juga didukung oeh tiikaha mazhab Hanbali yang menyebutkan air zam zam haram jika dipakai untuk menghilangkan najis. Penggunaan air zam zam untuk memandikan jenazah menurut fukaha mazhab Maliki, tidak boleh dilakukan. Namun, praktik penduduk Makkah sendiri pada zaman dahulu menggunakan air zam zam untuk memandikan jenazah namun hanya dimaksudkan untuk ber tabarruk atau mencari berkah.

You may also like...