5 Pemandian Alami Murah Di Malang Yang Wajib Dikunjungi

Kota Malang sejuta impian, Kota Malang sejuta kenangan, Kota Malang salah satu warisan Indonesia. Siapa yang tak kenal Kota Malang, dimana kota yang penuh dengan keindahan alamnya mulai wisata alami maupun buatan yang tak kalah menarik dengan wisata di luar negeri. Jika Anda sudah mengagendakan liburan sekolah/akhir tahun langsung saja ke Kota Malang. Anda bisa ikut program Paket Wisata Malang Bromo yang ditawarkan para agent-agent di Malang Raya, so Anda tinggal mengikuti programnya tanpa ribet urus ini itu (akomodasi & penginapan). Untuk melengkapi hari-hari liburan Anda di Malang Batu, ini ada obyek wisata yang murah tanpa menguras kantong. Cocok untuk Anda yang lagi berlibur bersama keluarga, sahabat, rekan kerja. Berikut adalah obyek wisatanya:

1. Pemandian  Air Panas Alami (PAPA) Songgoriti

pemandian-air-panas-songgoriti-coverPemandian Air Panas Songgoriti Alami adalah salah satu tempat wisata alami yang ada di Kota Batu. Obyek wisata ini dulunya bernama Tirta Nirwana Songgoriti, & sekarang dikenal dengan nama Pemandian Air Panas Alami (PAPA) Songgoriti.

Pemandian Air Panas Alami ini berlokasi di kawasan wisata/hotel  Songgoriti, & tidak terlalu jauh dari pusat Kota Batu, so mudah banget untuk menemukan obyek wisata ini & mudah dijangkau menggunakan kendaraan bermotor, seperti sepeda motor/mobil/bus. Pemandian ini mempunyai sejarah yang cukup unik, pada jaman dahulu pemandian air panas ini dijadikan tempat untuk mensucikan keris pusaka milik raja Sindoh.

Pemandian ini merupakan pemandian air panas berkadar belerang tinggi, maka dari itu dijadikan pemandian khusus berendam. Disana terdapat 2 lokasi untuk beredam yaitu kolam berendam & kamar berendam. Banyak yang bilang kalau pemandian air panas ini bisa digunakan untuk terapy menyembuhkan beberapa penyakit kulit & bisa memulihkan stamina tubuh. Biaya tiket masuk ke pemandian air panas alami (PAPA) Songgoriti ini juga terjangkau mulai Rp10.000 – Rp25.000 (tergantung ambil paket yang mana). So jangan ragu-ragu untuk berwisata kesana.

2. Pemandian Air Panas Cangar

cangarMasih di Kota Batu, disana terdapat obyek wisata pemandian air panas yang tak kalah menarik dengan obyek wisata lainnya. Pemandian ini dinamakan Pemandian Air Panas Cangar. Pemandian ini letaknya berada dilereng kaki Gunung Welirang. Tepatnya di Kel. Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu. Berada dikawasan Taman Hutan Raya R. Soeryo & berjarak sekitar 20km dari pusat Kota Batu. Untuk menuju kesana dibutuhkan waktu ±1 jam dari Kota Batu, bisa ditempug dengan menggunakan kendaraan bermotor, seperti sepeda motor/mobil.

Pemandian Air Panas Cangar ini merupakan salah satu obyek wisata yang begitu diminati banyak wisatawan. Karena biaya tiket masuk yang terjangkau hanya Rp5.500 & disana juga sudah tersedia fasilitas yang cukup lengkap, seperti 3 kolam berendam, 2 kolam renang, kamar berendam (sauna), taman bermain, Gazebo untuk bersantai, kamar mandi & ganti, mushola, warung makanan, camping ground, Villa/Aula. Disana juga ada penjual minuman/makanan khas yang bisa meghangatkan badan saat kedinginan setelah berendam yaitu penjual Badrek tape ketan hitam.

Pemandian Air Panas Cangar memiliki 3 kolam utama yang dikhususkan untuk berendam, & salah satunya digunakan khusus wanita. Disana juga terdapat 2 kolam renang untuk anak-anak & dewasa, untuk menuju ke kolam renang harus melewati loket masuk & membayar tiket masuk yang cukup murah hanya Rp5.000.

Disana juga ada Gua Jepang yang bisa dikunjungi, letaknya tidak jauh dari lokasi pemandian. Gua ini peninggalan zaman penjajahan Jepang pada tahun 1942 – 1945. Untuk menuju kesana bisa ditempuh dengan berjalan kaki melewati jalan setapak, jaraknya ±600m dari lokasi pemandian air panas. So ayo-ayo berwisata ke Pemandian Air Panas Cangar.

3. Pemandian Kalireco

Mari mari wisata ke Malang, mari mari liburan lagi…

Daripada bengong dirumah saat liburan mending main yuk ke Pemandian Kalicero, salah satu pemandian yang lagi hits di Kota Malang. Pemandian Kalicero ini sebenarnya bukan tempat wisata, karena belum dilirik oleh Dinas Pariwisata setempat. Maka dari itu hanya digunakan untuk pemandian & sebagai saluran irigasi sawah oleh masyarakat setempat. Karena airnya yang begitu jernih & suasana pedesaan yang begitu asri, banyak wisatawan yang berkunjung kesana. Apalagi tidak ada tiket masuknya (alias gratis), tapi wisatawan biasanya memberi sumbangan untuk kebersihan & membantu mengembangkan pemandian ini.

Di Pemandian Kalireco belum tersedia fasilitas apapun, hanya kolam untuk mandi/berenang. Maka dari itu jika berkunjung kesana disarankan membawa baju ganti, makanan & minuman sendiri biar disana tidak kelaparan hehehee…

Pemandian Kalireco terletak di kawasan sumber Waras, Lawang, Kab. Malang atau di Kaki Gunung Arjuna. Untuk menuju kesana jika dari Kota Malang kearah Lawang. Sebelum stasiun Lawang ada jalan menuju ke pabrik Otsuka (posisi dikanan jalan), ikuti arah jalan tersebut sampai melewati lapangan sekolah, setelah itu ada pertigaan belok kiri (ancer-ancernya ada makam desa Kalireco), abis itu melewati jalan pavling & ikuti saja jalan tersebut sampai ke Pemadian Kalireco. Untuk menuju kesana jika menggunakan mobil tidak bisa masuk sampai pemandian karena jalan yang berukuran 1,5m, maka disarankan lebih baik menggunakan sepeda motor. Akses jalan menuju ke pemandian Kalireco bisa dibilang kurang baik, karena beberapa kilo meter sebelum masuk pemandian ini jalan yang dilalui berbatu & penuh tanah. Jika musim hujan jalannya licin & becek, maka tidak direkomendasikan saat musim hujan. Jika kesana jangan kawatir tersesat karena sudah terdapat  beberapa papan penunjuk arahnya meskipun masih minim, & disarankan jika bingung janga malu bertanya sama masyarakat sekitar.

4. Pemandian Sumber Mata Air Krabyakan

Masih di kawasan Lawang, Kab. Malang. Disini juga terdapat pemandian yang alami & tak kalah menarik dengan pemandian disekitarnya, karena Airnya yang jernih serta kolam yang kelilingi bebatuan. Tempat ini dinamakan Pemandian Sumber Mata Air Krabyakan.

Pemandian Sumber Mata Air Krabyakan terletak di Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Berada kawasan hutan Perhutani petak 38F RPH Cowek, BKPH Lawang Timur, KPH Pasuruan.  Pemandian ini terkesan alami bukan hanya karna air yang jernih & kolam berbatuan, tapi pemandangan sawah & bukit yang menghijau terlihat begitu indah & asri khas pedesaan. Disana juga tersedia fasilitas yang menunjang meliputi kamar mandi/ganti, kolam terapy ikan, persewaan sepeda air, warung makan.

Pemandian Sumber Air Krabyakan ini cocok sekali buat anak muda maupun keluarga, hanya sekedar berlibur & menhilangkan penat karna rutinitas sehari-hari. Apalagi tiket masuk di pemandian ini cukup murah hanya Rp5.000, & jika ingin merasakan terapy ikan hanya bayar Rp3.000 (dijamin gak menguras kantong).

Untuk menuju ke Pemandian Sumber Mata Air Krabyakan lumayan susah karena minimnya papan penunjuk arah, jadi disarankan sering-sering bertanya ke masyarakat sekitar (untuk wisatawan awam). Persisnya kalau dari Kota Malang menuju ke Lawang & harus putar balik dijalan bawah flyover, karena jalan menuju ke pemandian ini berada disebelah Timur pasar Lawang atau melewati Jl. Pandawa.  Dari Jl. Pandawa masih menempuh perjalanan sekitar 3 KM.

5. Pemandian Telagasari

telagasariPemandian Telagasari merupakan pemandian yang masih tergolong baru di Kota Malang, awal mula pemandian ini didirikan adalah ide dari para pemuda sekitar yang memanfaatkan pemandian khusus terapy pasien rumah sakit jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat yang sudah tidak berfungsi lagi.

Pemandian ini masih belum disebut sebagai obyek wisata, karena tergolong baru & belum diresmikan. Maka dari itu ini para pendiri masih berusaha memperkenalkan Pemandian Telagasari ini kepada masyarakat melalui sosial media (SOSMED), dengan tujuan Pemandian Telagasari ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Malang.

Pemandian Telagasari berlokasi di belakang RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat, Kec. Lawang, Kab. Malang. Akses menuju pemandian ini cukup mudah. Jika dari Kota Malang menuju ke kedai Bakpao Telo Lawang, setelah itu silahkan putar balik & masuk ke gang Setul Edan. Untuk masuk ke pemandian ini dikenakan tiket seharga Rp20.000 per orang, & jika yang datang rombongan tujuh orang, ada diskon, sehingga hanya membayar Rp100.000 saja.

Di Pemandian Telagasari wisatawan bisa berenang/bermain air, snorkeling, berfoto di bawah air karena airnya yang begitu jernih maka bagus untuk berselfie. Dan pemandian ini menjadi salah satu spot underwater di Kota Malang. Apalagi disana juga sudah disediakan kamera underwater (Gopro) & properti yang bisa dipakai saat berselfie dibawah air,,, mantapss kan..

 

You may also like...