Thursday, November 15, 2018
Kesehatan

5 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

265Views

Berikut ini 5 Manfaat air putih bagi kesehatan tubuh yang pelu Anda ketahui agar hidup jadi lebih sehat.

Kekurangan cairan tubuh dapat menimbulkan berbagai penyakit bagi tubuh, seperti Dehidrasi (kurangnya Cairan tubuh), tekanan darah meningkat (darah tinggi), asam lambung, gangguan pencernaan (susah buang air besar), bahkan dapat menyebabkan kanker payudara.

Saya akan bahas apa saja manfaat air putih bagi tubuh manusia.

 

Manfaat Air Putih Untuk selalu Hidup Sehat

Berapa rupiah yang biasa Anda keluarkan dalam setahun untuk berobat ke dokter atau sekadar membeli obat ke warung atau apotek?

Seberapa sering Anda meringkuk di rumah karena badan lemas, tidak bertenaga, sering merasa pusing, perut begah, atau pencernaan yang tidak lancar atau susah buang air ?

Jika Anda menjawab “sering”, maka cek kembali asupan air putih setiap hari.

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa air putih?

Perlu diketahui, air putih merupakan salah satu zat penting untuk tubuh kita.

Air putih mampu membantu kerja pembakaran lemak untuk menurunkan berat badan, penyaringan racun dalam ginjal, membantu darah beredar ke seluruh tubuh, bahkan mampu membantu kerja otak. Untuk penderita diabetes asupan air yang cukup dapan membantu menjaga kadar gula tetap normal.

Benarkah air putih memiliki kemampuan kompleks seperti itu?

Tentu saja, coba saja ingat-ingat lagi sewaktu Anda sedang sibuk dengan pekerjaan, lalu tiba-tiba sakit kepala menyerang.

Sudah meminum air putihkah Anda hari itu?

Satu gelas, dua gelas, atau Anda baru minum tiga gelas saja?

Pasti keadaan tersebut menyerang karena masih minimnya konsumsi air putih.

Minimnya konsumsi air putih akan menyebabkan kerja organ-organ dalam tubuh terganggu. Hal ini disebabkan tubuh kita terdiri dari kurang lebih 66% air.

Jadi, ketika kandungan air dalam tubuh berkurang 4% saja, akan mengakibatkan masalah. Salah satunya sakit kepala.

Ketika kita sedang mengalami rasa nyeri HEBAT di bagian kepala belakang, berarti otak sedang kekurangan asupan air putih.

Benarkah rasa nyeri ketika sakit kepala di bagian belakang terjadi karena kekurangan asupan air putih?

Mari kita cari tau lebih detail.

Tahukah Anda jika otak memiliki organ bernama histamin? Histamin merupakan pembawa pesan kimiawi yang ada dalam otak.

Biasanya, histamin bertugas untuk mengatur air dalam tubuh. Histamin baru akan bekerja ketika tubuh kekurangan air.

Ketika otak kekurangan air, maka histamin akan memberikan tanda berupa rasa nyeri di bagian kepala belakang.

Namun sayangnya, sakit kepala ini sering disalahartikan oleh sebagian masyarakat. Mereka berpikir sedang menderita suatu penyakit tertentu.

Bahkan, untuk praktisnya mereka sering mengonsumsi obat-obatan untuk meredakan rasa nyeri itu.

Obat nyeri atau anthihistamin memang bisa meredakan rasa nyeri karena cara kerjanya menekan histamin sampai tidak berfungsi kembali.

Hasilnya, memang rasa nyeri/sakit kepala akan hilang, tapi DEHIDRASI yang dialami otak tidak akan berkurang.

Sangat tidak bijak ketika tekanan darah meningkat atau sakit kepala yang diakibatkan kekurangan asupan air putih justru diatasi dengan obat antinyeri.

Ini sama saja menunggu dehidrasi akan terjadi lebih parah dari yang dialami saat itu. Bisa saja kemudian dehidrasi juga dialami oleh bagian tubuh lainnya.

Jika kondisi ini tidak disadari oleh penderita, maka dehidrasi AKUT akan menjalar ke seluruh tubuh.

Ini belum seberapa lho,

Kekurangan asupan air pada otak juga akan mengakibatkan konsentrasi seseorang menurun.

Konsentrasi menurun karena darah yang harusnya membawa oksigen ke otak mengental karena kekurangan asupan air putih dalam tubuh.

Ketika tubuh kekurangan air putih, maka proses pemenuhan kebutuhan air secara mandiri (otomatis) oleh tubuh akan dilakukan.

Biasanya tubuh akan mengambil air dari organ yang paling dekat dengannya, yaitu darah. Akibatnya, darah yang harusnya cair menjadi kental. Ketika darah telah mengental, dia tidak bisa mengalir dengan lancar seperti biasanya.

Otak kemudian yang menjadi korban dari keabsenan darah yang harusnya mengalir dengan lancar.

Asupan oksigen yang harusnya dibawa oleh darah terhambat. Akibatnya, banyak sel yang mati di sekitar otak.

Jika kondisi ini terus dibiarkan, penderita bisa terserang Alzheimer hanya karena hal simple yaitu kurang asupan air. Jadi minumlah air putih dengan cukup setiap hari.

Contoh di atas hanyalah sedikit dari akibat seseorang kurang minum air putih.

Ketika dehidrasi (kekurangan cairan) ringan saja bisa menyebabkan lemas, lesu, sakit kepala, asam lambung meningkat, susah buang air besar dan bahkan jerawat, bagaimana jika dehidrasi ini terjadi secara terus-menerus ?

Pasti imbasnya akan semakin besar dan bisa mengancam keselamatan jiwa.

Air putih menjadi salah satu minuman sehat yang wajib dimasukkan dalam pola hidup sehat.

Air putih dapat berperan sebagai pelarut, pelumas, pengatur suhu, katalisator, serf a penyedia elektrolit dan mineral dalam tubuh. Misalnya saja, dalam pola makan food combining.

Air putih menjadi salah satu minuman wajib yang harus dikonsumsi minimal 8 gelas per hari (menyesuaikan aktivitas fisik, suhu lingkungan, berat badan, serta kondisi tubuh).

Apalagi dalam pola makan food combining selain makanan yang diatur, juga waktu makannya yang harus sesuai dengan siklus pencernaan.

Hal ini supaya makanan bisa dicerna dengan mudah dan dalam waktu yang tepat. Kegunaan air putih akan membantu proses pencernaan dalam tubuh.

Selain itu, air putih juga bisa membantu tubuh untuk membakar kalori sesuai kebutuhannya.

Ketika kalori terbakar dengan baik, maka tidak akan ada lemak tubuh yang tertimbun. Akibatnya, badanpun menjadi lebih ringan dan bugar.

Anda sudah pasti tau kalau lemak yang tertimbun dalam tubuh akan menyebabkan kegemukan?

Jika sudah begini, maka berbagai macam penyakit yang diakibatkan kegemukan seperti hipertensi (darah tinggi), serangan jantung, dan stroke bisa langsung menyerang penderita.

Selain itu, kondisi tubuh orang yang mengalami obesitas tidak akan segar dan bugar seperti orang yang tubuhnya mengalami pembakaran lemak sempurna.

Selain pembakaran yang tidak sempurna, kekurangan air putih juga akan menyebabkan racun dalam tubuh menumpuk.

Racun yang menumpuk dalam tubuh akan menyebabkan kondisi tubuh terlihat kusam, mudah lelah, mood jelek, dan badan tidak fit.

 

Manfaat Air Putih Untuk Proses Metabolisme

Air PUtih Untuk Metabolisme TubuhProses metabolisme sangat dibutuhkan tubuh. Tanpa ada proses metabolisme yang sempurna, maka tubuh akan memiliki banyak racun, nutrisi dari makanan pun tidak terserap dengan baik, serta proses pembuangan akan terkendala.

Akibatnya, tubuh akan sakit-sakitan dan tinggal menunggu semua organ tubuh melemah sampai tidak berfungsi sama sekali.

Proses metabolisme tubuh meliputi pembakaran, penyerapan nutrisi, membantu pembuangan, dan masih banyak lagi.

Secara umum proses metabolisme adalah sebuah reaksi kimia. Reaksi tersebut biasa disebut anabolisme dan katabolisme.

ANABOLISME merupakan penyusunan zat sederhana menjadi zat kompleks.

Sedangkan KATABOLISME adalah penyusunan zat kompleks menjadi sederhana.

Proses ini biasanya ditentukan oleh hormon dan dipercepat oleh enzim.

Lalu, manfaat apa saja yang terjadi ketika tubuh melakukan metabolisme?

Pertama, dalam proses metabolisme bisa mengubah racun menjadi zat yang aman.

Tidak semua makanan yang kita makan baik untuk kesehatan tubuh, bukan?

Bila dalam proses metabolisme ditemukan zat berbahaya, maka tubuh pun bisa menetralkannya. Jika tidak bisa dinetralkan, racun akan di keluarkan dari tubuh.

Kedua, bisa menghasilkan senyawa Adenosina trifosfat (ATP).

Apa itu senyawa ATP?

Senyawa ini merupakan zat kimia yang memiliki energi tinggi. Senyawa ini bisa digunakan untuk menyumbang energi dalam proses fotosintesis, respirasi, sintesis protein, dan lemak.

Ketiga, proses metabolisme juga bermanfaat untuk memberikan nutrisi dalam tubuh.

Proses metabolisme akan membantu pencernaan dalam tubuh. Hasil penercanaan tersebut tentu menghasilkan nutrisi yang berguna untuk tubuh. Nutrisi inilah yang digunakan tubuh untuk menjaga kesehatannya.

Besar bukan manfaat proses metabolisme dalam tubuh?

Namun, tahukah Anda jika proses metabolisme tubuh tidak akan berjalan lancar tanpa bantuan air putih?

Ya, air putih memiliki peranan sangat penting dalam membantu proses ini, misalnya saja saat pembakaran lemak menjadi energi. Tubuh tidak bisa melakuk pembaran lemak jika tidak ada air putih.

Lalu, apa akibatnya jika pembakaran lemak tidak terjadi?

Maka kondisi nyata yang dirasakan adalah badan mudah lelah, lemah, dan tidak bertenaga. Ini karena tenaga yang dihasilkan dari proses pembakaran tidak terjadi. Sedangkan yang terjadi dalam tubuh, lemak akan menumpuk.

Selain itu, racun-racun dari dalam tubuh pun akan meningkat jumlahnya. Akibatnya, badan jadi sakit-sakitan dan yang pasti tidak baik bagi kesehatan.

Minum air putih sesuai dengan kebutuhan juga akan mempermudah darah menjalankan tugasnya untuk mengangkut nutrisi ke seluruh tubuh.

Ketika alat transportasi ini bekerja maksimal maka sel-sel dalam tubuh tidak akan kekurangan makanan. Jika sel-sel dalam tubuh terawat dengan baik, maka tubuh akan terhindar dari penyakit serius.

 

Manfaat Air Putih untuk Detoksifikasi

Manfaat lain dari air putih adalah untuk proses pembersihan racun (Detoksifikasi) untuk selalu hidup sehat. Proses detoksifikasi ini dimulai dengan minum air putih dipagi hari saat perut kosong.

Saya akan berikan tips Program Detoksifikasi 7 Hari dengan Air Putih. Namun sebelumnya kita lihat dulu mengapa kurangnya cairan tubuh dapat menimbulakn racun.

Apakah Anda sering merasa kondisi tubuh tidak fit, mudah lelah, dan kulit terlihat tidak segar?

Mungkin tubuh Anda sedang terserang racun. Tubuh yang kekurangan asupan air putih tidak memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun dalam tubuhnya.

Lho… kok bisa begitu?

Bukankah ada beberapa organ tubuh seperti hati, ginjal, usus, dan kulit yang berperan penting dalam proses pengeluaran racun?

Beberapa organ tersebut memang memiliki kemampuan untuk menyaring racun dalam tubuh kemudian mengeluarkannya dalam bentuk keringat, urine, maupun feses.

Namun, kekurangan asupan air putih bisa menyebabkan kerja organ tersebut terhambat, salah satunya dalam hal mengeluarkan racun dalam tubuh tadi.

Tubuh yang mengalami dehidrasi akan “mencari cara sendiri” untuk melakukan berbagai proses metabolisme.

Salah satu sumber air yang bisa diserap tubuh adalah dari zat-zat yang tidak berguna.

Air yang seharusnya digunakan untuk memperlancar pembuangan zat tidak berguna seperti feses, urine, dan keringat digunakan dulu oleh tubuh untuk melakukan tugasnya.

Coba Anda bayangkan, Zat yang tidak berguna digunakan untuk proses metabolism tubuh.

Salah satu akibatnya, fases menjadi kerns dan sulit dikeluarkan (susah buang air besar). Jika sudah begini, maka zat yang tidak berguna ini akan mengendap dalam tubuh.

Selain itu, jumlah racun dalam tubuh akan terus meningkat, karena produksi urine juga berkurang.

Urine merupakan salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan racun yang telah disaring oleh ginjal. Ketika urine tidak bisa keluar dengan lancar, maka racun yang harusnya dikeluarkan akan menumpuk dalam saluran kencing.

Jika kondisi ini terus dibiarkan, racun kemudian akan bercampur dengan darah.

Ketika percampuran ini sudah terjadi, maka tubuh dalam kondisi berbahaya.

Darah yang memiliki tugas mengalir ke seluruh tubuh sudah tidak bersih lagi.

Tidak heran jika kemudian tubuh akan terinfeksi racun.

Lalu, apa efek samping yang akan dirasakan tubuh?

Mudah lemas, lelah, nyeri di beberapa bagian tubuh, kondisi badan tidak fit, dan masih banyak lagi.

Kondisi ini akan menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit.

Bahkan, kondisi kejiwaan seseorang pun akan ikut bermasalah. Orang yang dalam tubuhnya menumpuk racun akan lebih mudah terserang stres.

Jika stres sudah melanda, maka organ penting yang seharusnya menjalankan tugas untuk melakukan detoksifikasi akan terkena imbasnya.

Organ penting tersebut adalah HATI.

Ya… menurut Riani Susanto dalam bukunya yang berjudul The Detox Lifestyle: Natural Ways To Be Healthy, kerja hati dipengaruhi oleh pikiran dan perasaan, baik itu positif maupun negative seperti marah, dengki, iri, dan takut.

Ketika kita terserang stres, otomatis kerja hati pun akan mengalami masalah. Ketika kerja hati bermasalah, maka tidak akan bisa menyaring racun maupun mengubah racun agar mudah dibuang.

Racun akan tercampur dalam aliran darah dan menyebar ke seluruh tubuh. Biasanya, racun yang telah bercampur dengan darah ini akan naik ke jaringan kulit, akibatnya kulit akan memiliki bercak hitam.

Sebenarnya, hati yang telah tercemar racun juga merupakan ulah kita yang sembarangan mengonsumsi makanan, obat-obatan, maupun minuman yang mengandung zat berbahaya.

Untuk itu biasakan selalu minum air putih sebelum tidur dan minum air putih di pagi hari.

Ketika makanan yang dibawa oleh usus mengandung racun dan kondisi seseorang sedang stres, hati akan bekerja keras untuk menyaringnya demi menyelamatkan tubuh.

Hati yang sudah mulai berkurang keefektifitasannya dalam bekerja ini akan menimbulkan gejala suatu penyakit.

Misalnya saja, hidung merah, gugup, menggigil, bau napas tak sedap, anemia, bahkan wasir dan diabetes pun bisa menimpa penderita.

Hati yang fungsinya sudah melemah tersebut akan menyebabkan tubuh kekurangan oksigen.

Selain itu, tubuh juga akan kekurangan nutrisi untuk sel-selnya. Akibat fatalnya, tubuh kemudian tidak mampu membersihkan sampahnya sendiri.

Jika sudah begini, membenahi pola makan sangatlah dibutuhkan.

Lalu, makanan apa saja yang biasa digunakan untuk menstabilkan fungsi hati?

Salah satunya adalah sayuran berdaun hijau dan teh hijau.

Pola makan yang benar pun perlu dilakukan untuk bisa mengeluarkan dan membatasi jumlah racun yang bisa masuk tubuh.

Bagaimana cara melakukannya?

Salah satunya dengan menjalan pola makan food combining.

Pola makan ini pada prinsipnya mengikuti siklus pencernaan tubuh dan tetap mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, vitamin, protein, dan mineral.

Tujuan pola makan ini adalah agar proses pencernaan, penyerapan makanan, dan pembuangan bisa berjalan efektif.

Siklus pencernaan yang dimaksud adalah tentang ritme biologis untuk kita mengatur makanan dan kudapan.

Dalam siklus pencernaan yang dikenal ada 3, yakni fase pembersihan, fase cerna, dan fase penyerapan.

Fase pembersihan

Fase ini dimulai pukul 04.00-12.00. Pada fase ini pelaku food combining hanya diizinkan untuk mengonsumsi air putih atau infused water.

Selain itu, jus dan buah yang bisa dijadikan kudapan. Makanan berat sama sekali dilarang dikonsumsi dalam fase ini.

Ini karena dipercaya pada fase pembersihan tubuh sedang giat-giatnya melakukan pembersihan tubuh.

Saluran cernanya belum siap jika harus bertugas terlalu berat dengan mencerna nasi, daging, maupun makanan berat lainnya.

Fase cerna

Fase ini dimulai pukul 12.00-20.00. Pada fase ini, pelaku food combining baru diperbolehkan mengonsumsi makanan berat, namun tetap sesuai kombinasi yang dianjurkan.

Selain itu, tetap mengonsumsi air putih juga sangat disarankan. Minum air putih sebelum makan sangat dianjurkan dan hindarilah minum saat sedang makan.

Ini dilakukan agar proses pencernaan tidak saling tindih dan menunggu lama.

Pelaku food combining sangat disarankan untuk menghentikan makan satu jam sebelum fase cerna selesai.

fase penyerapan

Fase ini dimulai pukul 20.00-04.00. Pada fase ini dipercaya bahwa tubuh sedang melakukanpenyerapan terhadap gizi yang telah masuk tadi.

Ketika memasuki fase penyerapan, makanan berat juga DILARANG masuk.

Pelaku food combining bisa mengakali perut yang lapar dengan minum banyak air putih atau memilih mengonsumsi buah. Buah dan air putih yang memang mudah dicerna oleh tubuh.

Selain mudah dicerna, air putih juga bermanfaat untuk membersihkan saluran pencernaan jika dikonsumsi pagi hari setelah bangun tidur. Untuk itu biasakan selalu minum air putih di pagi hari.

Ketika usus sudah bersih dari racun, maka proses penyerapan nustrisi ketika kita makan nantinya pun akan berjalan efektif.

Lebih jauh lagi, ketika asupan air putih terpenuhi, maka berbagai proses dalam organ tubuh akan terlaksana dengan baik.

Misalnya saja, memudahkan kerja ginjal. Racun yang menumpuk dalam saluran kemih, bisa dikeluarkan bersama cairan dari dalam tubuh.

Kecuali saluran kemih, ternyata air juga bisa membersihkan pembuluh getah bening.

Getah bening oleh Anna Nurlaila Kurniasari dalam bukunya yang berjudul The Amazing of Detox diibaratkan sebagai se-buah pipa.

Pipa tersebut harus terisi penuh air agar bisa berfungsi maksimal. Air dalam pipa biasa digunakan untuk membersihkan sekaligus mengangkut sampah dalam pembuluh getah bening.

Cara Detoksifikasi Dengan Program Detox 7 Hari Dengan Air Putih

Mengonsumsi air putih sebagai sarana detoksifikasi juga dianjurkan dalam program detoks 7 hari.

Detoks 7 hari adalah program mengeluarkan racun dalam tubuh selama periode tujuh hari.

Pada program ini, air putih menjadi salah satu menu wajib yang harus dikonsumsi oleh pelaku agar hasilnya maksimal dan untuk menghindari terjadinya dehidrasi.

Bahkan, mengonsumsi air putih dengan mengolahnya menjadi infused water/Detox Water sangat disarankan untuk mendapatkan manfaat air dan buah secara bersamaan.

Selain itu, ada cara lain yang bisa ditempuh jika ingin detoks menggunakan air.

Salah satunya dengan mengonsumsi 6 gelas air putih setelah bangun tidur. Kelihatannya memang agak susah, apalagi untuk kita yang jarang mengonsumsi air putih sekaligus dengan dosis sebanyak itu.

jika merasa keberatan mengonsumsi air sebanyak itu sekaligus, bisa dilakukan secara bertahap.

Misalnya saja hari pertama minum 2 gelas, lalu hari kedua 3 gelas, dan seterusnya. Kekuatan untuk bisa mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak lama-lama akan diminum oleh seseorang yang terbiasa menjalankan rutinitas ini.

Usahakan air yang diminum hangat, direbus, atau air kemasan yang telah disaring hindari menggunakan air dingin untuk rutinitas ini.

Setelah itu, jangan langsung makan atau minuman lain dulu selama satu jam.

Ini agar usus halus bisa bersih. Jika usus bersih, maka penyerapan nutrisi akan berjalan secara optimal.

Awal nya, mungkin Anda terganggu dengan seringnya buang air kecil. Namun, kondisi ini sebagai jalan tubuh untuk membuang racun dalam tubuh.

Lalu, bagaimana cara air tersebut bekerja dalam tubuh? Sebenarnya, cara kerja air yang kita konsumsi di pagi hari setelah bangun tidur benar-benar digunakan untuk membersihkan saluran cerna.

Ketika saluran cerna telah bersih, usus akan lebih efektif dalam membentuk darah baru.

Proses membentuk darah baru ini dikenal dengan nama hematopoiesis (Proses pembentukan darah baru dalam tubuh).

Ini karena ketika mucosal fold yang dapat membentuk darah segar di usus besar dan kecil akan lebih efektif menyerap nutrisi.Nutrisi yang diserap oleh mucosal fold kemudian akan diubah menjadi darah baru.

Apa kegunaan darah baru dalam tubuh?

Tubuh akan mampu menjaga kesehatannya jika memiliki cadangan darah baru dalam jumlah yang seimbang.

Selain itu, darah baru juga bisa menyembuhkan penyakit. Penyakit yang bisa diatasi jika produksi darah baru efektif adalah sakit asam lambung, hipertensi, sembelit, dan diare.

Walaupun banyak sekali manfaatnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan pola minum 6 gelas air putih setiap pagi ini.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menjalankan program Detox 7 Hari Dengan Memanfaatkan Air Putih.

  1. Terapi ini hanya digunakan di pagi hari. Tidak disarankan melakukannya pada siang, sore, maupun malam hari. Sebab, metode ini memadukan khasiat air putih dengan ludah yang mengendap di mulut selama semalaman. Dalam ludah tersebut masih mengandung enzim-enzim (seperti alfa-amilase dan lingual lipase) dan antibiotik alami yang diperlukan tubuh.
  2. Pilih air yang higienis. jangan menggunakan air yang diragukan kebersihannya. Air kotor justru akan menyebabkan tubuh kita sakit. Jadi, usahakan menyimpan air dalam kemasan yang memiliki tutup rapat sehingga tidak terkontaminasi oleh virus dan bakteri dari luar.
  3. Air yang digunakan harus air putih yang dianjurkan oleh medis untuk dikonsumsi. Air yang dinyatakan baik dikonsumsi oleh medis akan mudah diolah oleh ginjal.
  4. Dianjurkan untuk meminumnya secara bertahap. Berikan kesempatan tubuh untuk mengalirkannya perlahan-lahan. Jangan terburu-buru rnemasukkan semua minuman sekaligus karena sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh, terutama otak. Selain itu, minum secara mendadak dalam jumlah banyak juga bisa mengurangi kandungan sodium. Kandungan sodium dalam darah berkurang diakibatkan kekentalan darah terganggu. Sebenarnya, minum terlalu banyak air (melebihi kebutuhan tubuh) akan membuat darah terlalu encer. Akibatnya, tingkat sodium dalam tubuh pun akan menurun. Jika terus dibiarkan, akan menyebabkan pembengkakan sel dalam tubuh.

 

  1. Ketika kita merasakan lambung terasa penuh, sebaiknya hentikan dulu proses meminum air putih. Walaupun, jumlah air yang kita minum belum mencapai 6 gelas. Ini berarti tubuh belum terbiasa mengonsumsi air dalam jumlah banyak. Jika begini, maka jangan paksakan tubuh untuk minum lagi.
  2. Terapi ini tidak dianjurkan untuk mereka yang bermasalah dengan kesehatan organ tertentu, misalnya saja gagal ginjal.
  3. Imbangi minum air putih ini dengan minuman yang mengandung isotonik (mengandung elektrolit, terutama sodium). Ini digunakan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.
  4. Pada awalnya, konsumsi air sebanyak ini akan menimbulkan gejala mencret dan sering kencing setiap satu jam sekali. Hal ini sangat wajar, karena proses pembersihan dari dalam tubuh kita. Biasanya gejala ini hanya terjadi 7-8 hari.

Namun, sangat tidak disarankan untuk minum air putih lebih dari 8 gelas sekaligus. Minum air putih terlalu banyak dan tidak sesuai kebutuhan tubuh akan menyebabkan elektrolit hilang.

Padahal elektrolit ini sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga tekanan osmotic, menjaga pH tubuh, dan ikut serta dalam proses metabolisme.

Cara membersihkan racun dalam tubuh dengan cara ini bisa berjalan lebih efektif jika menggunakan air yang memiliki susunan bangun heksagonal.

Namun, air dengan susunan bangun seperti ini sudah jarang ditemui.

Apa itu air dengan susunan bangun heksagonal (segi enam)?

Air yang memiliki susunan ini dibangun dengan enam buah partikel H2 (Hidrogen) yang membentuk cincin segi enam.

Air dengan susunan bangunan heksagonal biasa ditemui di mata air alami.

Mengapa lebih baik ketika menggunakan air dengan susunan heksagonal dari pada air biasa?

Menurut dr. Andry Hartono, DAN. SpGK, air dengan susunan heksagonal memiliki kemudahan untuk masuk dan keluarnya sel yang lebih besar.

Ketika air mudah keluar-masuk sel, maka komunikasi antarsel akan meningkat.

Selain itu, struktur lain dalam tubuh biologis kita juga akan meningkat komunikasinya. Misalnya saja, dalam proses metabolisme tubuh.

Air heksagonal merupakan komponen yang baik digunakan tubuh untuk proses pembakaran. Ketika tubuh memilikinya, maka pembakaran pun akan lebih efesien dan cepat.

Hasilnya, tubuh akan memperoleh energi dari hasil pembakaran secara maksimal. Salah satu organ tubuh yang bisa merasakan kemudahan ini adalah hati dan ginjal. Ketika kebutuhannya untuk melakukan detoksifikasi terpenuhi, maka kerjanya pun menjadi lebih ringan.

Ibaratkan saja air heksagonal ini seperti oli. Rantai pada sepeda motor yang telah kering akan sulit untuk berjalan.

Rantai yang kering jika dipaksa untuk menjalankan sepeda motor justru akan menjadi patah atau rusak. Namun, ketika diberi oli dengan kualitas yang baik, digunakan untuk menjalankan roda sepeda motor pun akan lebih ringan.

Tidak dipungkiri air jenis ini memang sudah sulit ditemukan. Jika ada pun merupakan hasil rekayasa manusia (kecanggihan teknologi). Yakni, air dari suatu pegunungan yang kemudian disaring dengan peralatan yang canggih.

Air jenis ini tentu saja memiliki harga yang lebih mahal ketimbang air mineral biasa. Namun, Anda tidak perlu berkecil hati, walau detoksifikasi menggunakan air heksagonal sulit dilakukan, namun detoksifikasi masih bisa dilakukan dengan menggunakan air biasa.

Selain itu, ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh (detoksifikasi), yakni dengan TERAPI AIR (hidroterapi kolon atau colon hydrotherapy).

Terapi ini memanfaatkan air sebagai media untuk mengeluarkan racun dari luar tubuh. Caranya cukup beragam, bisa dengan memanfaatkan uap air, cairan, ataupun menggunakan air dingin atau air yang membeku.

Racun juga dapat dikeluarkan dengan memancing keringat yang ditimbulkan oleh air hangat. Bisa dengan cara mandi uap, sauna atau sekalian berendam dalam air hangat.

Air hangat memiliki kemampuan untuk membuat otot relaks. Ketika otot relaks, maka dapat mengurangi stress dan bisa membantu seseorang untuk mengelola kembali pikirannya.

 

Manfaat Air Putih untuk Panjang Umur

Sudahkah Anda membenahi jadwal minum air putih? Jika masih ragu, ternyata masih banyak manfaat minum air putih untuk kesehatan tubuh, salah satunya bias membuat kita jadi panjang umur.

Orang yang rajin mengonsumsi air putih ternyata bisa membuat umurnya menjadi lebih panjang daripada mereka yang malas minum air putih.

Coba bayangkan, penyakit apa saja yang bisa menyerang seseorang yang malas minum air putih? Orang yang jarang mengkonsumsi air putih bisa terserang sakit kepala, lemas, lesu, hipertensi, obesitas, jantung, sampai stroke.

Pernyataan tersebut pernah menjadi sebuah bahan penelitian Yang dilakukan oleh peneliti dari Loma Linda University, di California.

Penelitian tersebut menarik kesimpulan bahwa orang yang mengonsumsi air putih kurang dari 2 gelas per hari berisiko tinggi terkena serangan jantung.

Sebaliknya, mereka yang minimal mengonsumsi 5 gelas air putih setiap harinya memiliki peluang yang kecil meninggal karena serangan penyakit jantung. Fakta ini tentu membuat kita takjub bahwa ternyata besar sekali manfaat air putih bagi kesehatan tubuh manusia.